Sensasi
berjalan menembus awan di angkasa, hanya dapat dinikmati di Jembatan Le
Viaduc de Millau, jembatan tertinggi di dunia yang berlokasi di Millau,
Perancis. Jembatan ini menghubungkan Paris dan Barcelona. Jembatan ini
juga dilengkapi dengan kaca transparan yang aerodinamis yang berfungsi
melindungi mobil dari hembusan angin.
Spoiler for Le Viaduc de Millau Bridge:
Quote:
Jembatan
Millau (le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan
kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn di pegunungan Massif Central
dekat Millau di selatan Perancis, yang pada pagi hari selalu diselimuti
oleh embun pagi. Orang yang berkendaraan melintasi awan-awan yang
mengambang rendah di pegunungan dapat dengan mudah menggapainya, sambil
melihat pemandangan yang luar biasa menakjubkan di bawahnya serta tanpa
perlu khawatir gangguan angin yang kuat. Jika Anda melintasi jembatan
ini, maka Anda laksana berjalan di langit dengan menembus atau diiringi
awan yang berarak. Sungguh sensasi yang luar biasa!
|
Spoiler for Le Viaduc de Millau Bridge:
Quote:
Jembatan
unik ini kini bukan hanya jadi sarana transportasi tapi juga ajang
wisata. Banyak wisatawan yang ingin menjajal berkendaraan bersamaan
dengan awan yang berarak di sekelilingnya serta mengambil foto cantik
jembatan ini. Menurut Chirac, pembangun jembatan ini merupakan
keajaiban dan menjadi lambang kemajuan teknik sipil Prancis. Jembatan
ini juga berfungsi sebagai simbol dari kemoderan Prancis.
|
Spoiler for Le Viaduc de Millau Bridge:
Quote:
Millau
mulai dibangun pada tanggal 16 Oktober 2001 dan dibuka resmi pada 14
Desember 2004, lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan, yakni tiga
tahun. Hal ini salah satu sebabnya adalah faktor cuaca, selain memang
tingkat kesulitan yang tinggi. Maklum, jembatan ini selain luar biasa
tinggi juga dibangun di lokasi yang tidak biasa. Struktur tanah yang
tak rata, maklum wilayah pegunungan. Digunakan sistem hidrolik untuk
menyorong geladak kembatan ke dalam tempat seharusnya. Sistem ini
disediakan oleh Enerpac Hydraulic Systems – perusahaan yang juga
“mengangkat” Golden Gate Bridge. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden
Jacques Chirac berkuasa (sekarang Sarkozy) dalam sebuah upacara yang
megah.
|
Spoiler for Pembangunan Jembatan:
Spoiler for Pembangunan Jembatan:
Quote:
Jembatan
ini dibangun dengan menggunakan metode pelaksanaan Incremental
Launching Method / ILM. ILM adalah suatu metode erection pada jembatan
bentang panjang yang sudad diimplementasikan sejak tahun 1962 yaitu di
Rio Caroni Bridge di Venezuela. Metode ini ditemukan oleh Prof. Dr. Ing.
F. Leonhardt dan partnernya Willi Baur. Metode ini telah dipatentkan
sejak tahun 1967.
|
Quote:
Design Jembatan: 1. Viaduc de Millau memiliki total panjang 2.460 m dan lebar adalah 32 m. 2. Terdiri atas 8 bentang atau spans dan 7 buah tiang jembatan / piers. 3. Terpanjang bagian antara kolom diukur 342 m. 4. Tinggi tiang tertinggi adalah 343 m. Tinggi pylon adalah 87 m. 5. Tebal jalan 4.20 m dan lebar deck adalah 27,35 m. 6. Total beton yang digunakan adalah 227.000 ton dan baja yang digunakan 39.700 ton. |
Quote:
Quote:
Fakta-fakta Mengenai Jembatan Ini:
1. Tiang kaki-kakinya tertinggi di dunia - Tiang P2 setinggi 244,96 meter dan P3 221,05 meter, mematahkan rekor Perancis yg sebelumnya dipegang oleh Tulle and Verrieres Viaducts (141 meter), dan rekor dunia yg sebelumnya dipegang oleh Kochertal Viaduct (jerman) yg berketinggian 181 meter. 2. Tiang jembatannya tertinggi di dunia - Puncaknya mencapai tinggi 343 meter berdiri di atas tiang P2. 3. Jalan raya jembatan tertinggi di dunia - Terletak pada ketinggian 270 meter di atas permukaan laut pada titik tertingginya. Hanya jembatan gantung Royal Gorge Bridge (321 meter) di Colorado, Amerika, yg lebih tinggi, itupun hanya digunakan untuk pejalan kaki. |
Spoiler for Bukti bahwa Le Viaduc de Millau merupakan jembatan tertinggi di dunia:
Gambar lainnya dari Le Viaduc de Millau
Spoiler for Le Viaduc de Millau:
Spoiler for Le Viaduc de Millau:
Spoiler for Le Viaduc de Millau:
Spoiler for Le Viaduc de Millau:
Comments
Post a Comment