Apabila menonton Formula 1 biasanya
kita cuma memperhatikan jumlah putaran, berapa jumlah waktu yang
ditempuh untuk satu putaran, posisi para pembalap, pembalap bahkan
tabrakan, dll. Tapi dibalik itu semua ternyata banyak fakta-fakta
menarik yang mungkin belum kita ketahui dalam Formula 1. dan ini dia
beberapa diantaranya. mari kita simak bersama.
1. Dalam 1 kali balapan seorang
pembalap rata-rata kehilangan berat sebanyak 2 Kg. Jumlah ini bisa
lebih jika balapan berlangsung pada sirkuit yang panas seperti Sepang,
atau Bahrain. jadi kalau ada teman-teman yang kelebihan berat badan
bisa numpang mobil F1 ini saat balapan, he he... becanda....
2. Jarak
pengereman yang dibutuhkan rata-rata mobil F1 dari kecepatan
200km/jam sampai berhenti sempurna adalah 55 meter. Ditempuh dalam 2
detik, menghasilkan G-force atau tekanan sampai 5,6G. Itu artinya tubuh
pembalap (terutama leher) harus menahan dorongan ke depan hingga 5,6
kali berat badannya sendiri. jadi jika si pembalap mempunyai berat
badan normal 70kg, pada saat proses mengerem tubuhnya akan bertambah
berat menjadi 350kg. bused dah.., Buat perbandingan, mobil penumpang
standar perlu jarak 120 meter untuk mengerm dari 200km/jam sampai
berhenti. Dalam 4.1 detik. maka tidak jarang jika orang yang tidak
biasa berada di dalam cokpit mobil F1 saat pengereman dipastikan
langsung pingsan. makanya.. jangan sepelekan seorang pembalap F1. kalau
atlet angkat besi mah, lewaaaat... he he..
3.
Jumlah berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat
satu kali balapan adalah sebanyak 28 ton. yang terdiri atas spare parts,
tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar
10.000 benda spare-part dan 1500 kertas dan kantong pembungkus dengan
logo team.
4. Sebuah team balap F1 setidaknya
membawa 100 radio komunikasi antar anggota tim serta pembalapnya selama
race weekend (kamis-minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara
lain 16 CPU dan lebih kurang 30 notebook/laptop. wah, wah... kalau
diminta satu aja kira-kira dikasi ga ya...
5. Tempratur di dalam knalpot mobil
balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat melakukan pengereman,
tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1000 derajat
Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah
55 derajat Celcius. itulah mengapa tubuh para pembalap bisa menyusut
hingga 2 kg lebih dalam 1 balapan.
6.
Setir kemudi pembalap F1 mampu memantau tak kurang dari 15 fungsi
penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1.
Posisi gear, putaran mesin, kecepatan, campuran bahan bakar, dan
lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air
minum, serta pengatur komputer mesin dan diferensial. dan tak lupa
juga dibelakang setir ada pedal atau tuas untuk memindahkan gear. jadi
mobil F1 tidak memiliki tuas persneling seperti halnya mobil-mobil
kebanyakan, mereka tinggal memainkan jari untuk pemindahan gigi/gear
mobil F1.
7. Jumlah putaran yang harus ditempuh
oleh pembalap F1 sepanjang musim balapan 2008 adalah 1124
putaran/lap. Terdiri dari 17 seri balapan di 18 negara seluruh dunia.
8. Selama race weekend tiap tim
menghabiskan sekitar 1200 liter bahan bakar. Ditambah 70 liter oli
mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap F1 berdaya 750 dk
butuh70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km. dan itu semua
tidak termasuk bahan bakar yang mereka habiskan untuk free practice
9. Khusus di sirkuit san marino,
Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3100 kali perpindahan gigi
selama balapan. Di sirkuit lain pembalap “hanya” melakukan rata-rata
2500 kali perpindahan gigi. itu desebabkan oleh lebar sircuit yang
sempit dan juga banyak memiliki tikungan tajam serta minim trek panjang.
hmm... apa ga pegel tuh...
10.
Jumlah air dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap
selama race day adalah 3300 liter. Selama balapan di sirkuit bersuhu
panas seperti sepang, pembalap akan kehilangan cairan tubuh (dehidrasi)
sampai 2,5 liter. yang pengen jualan air minum dijamin laris manis
disini... he he..
Nah, itu dia ke 10 hal dan fakta menarik yang terjadi selama balapan F1 yang jarang kita ketahui
Comments
Post a Comment